PENDAHULUAN
Sebelum
kita membahas penerapan ICT, ada baiknya kita mengetahui makna ICT itu sendiri.
Information Communications Technology (ICT) sekarang ini semakin sering kita
dengar khususnya bagi induvidu yang mengikuti dan menggunakan perkembangan
teknologi. Namun banyak orang yang belum mendalami apa sebenarnya ICT itu, hal
ini ditambah lagi karena konsep, metode dan aplikasi yang terlibat dengan ICT
terus berkembang setiap hari. Mempertimbangkan semua dengan menggunakan
teknologi digital yang sudah ada untuk membantu individu, bisnis dan organisasi
adalah cara yang baik untuk berpikir tentang ICT. Ada tiga kata yang harus kita
pahami sebelumnya, yaitu:
a. Information
(informasi) : hasil dari data yang diolah dan menerangkan sesuatu serta berguna
bagi yang mengetahuinya.
b. Communications
(komunikasi) : pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 pihak
atau
lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
c. Technology (teknologi)
: kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang
berdasarkan
proses teknis.
Dengan
demikian ICT merupakan teknologi yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan
yang efektif dan efisien. Teknologi ICT yang terlibat dalam komunikasi
perusahaan cenderung kompleks. Namun kita tidak bisa hanya memahami ICT dari
luar saja. Namun ada aspek komunikasi digital terutama berkaitan dengan jenis
jaringan dan cara untuk melakukan koneksi ke internet. Jaringan yang biasa
digunakan adalah Local Area Network (LAN). LAN menghubungkan
sejumlah hardware( input dan output perangkat
komputer serta proses yang terjadi). Tujuan LAN adalah untuk berbagi fasilitas
hardware seperti printer atau scanner serta software aplikasi
yang ada. Jenis jaringan ini tak ternilai di lingkungan kantor dimana rekan –
rekan harus memiliki akses ke data atau program umum.
ICT dalam Konteks yang Lebih Luas
ICT
selama ini mungkin sudah kita gunakan, tapi ada beberapa hal yang sepertinya
harus kita pertimbangkan berhubungan dengan cara ICT digunakan dan dikelola
dalam suatu organisasi:
a. The Nature of
Information; hal ini meliputi topik seperti makna dan nilai
informasi; Management of Information; hal ini mencakup bagaimana
data diambil, diverivikasikan dan disimpan secara efektif untuk digunakan;
pengolahan serta penyebaran informasi; menjaga supaya informasi aman; dan
merancang jaringan untuk mencari informasi.
b. Information System
Strategy; hal ini mempertimbangkan bagaimana ICT dapat digunakan dalam
bisnis atau organisasi sebagai bagian dari pencapaian tujuan dan sasaran.
Fungsi dan Kelebihan ICT
Perkembangan ICT-pun membuat rangkaian teknologi ini
memiliki fungsi yang terus berkembang, saat ini ICT dapat membantu kita untuk :
1. Meningkatkan kinerja
perusahaan atau organisasi
2. Mengatur dan mengelola
informasi dengan lebih mudah
3. Memonitor keuangan
dengan akurat
4. Memperluas jangkauan
berbisnis atau berorganisasi
5. Berkomunikasi dengan
cara online
6. Menghemat biaya
operasi perusahaan. Dan lain – lain.
Berikut adalah beberapa kelebihan ICT yang dapat membantu
operasional di perusahaan :
a. Layanan yang
lebih baik
Memudahkan bagi setiap orang untuk berkomunikasi dengan baik
dengan menggunakan
e-mail, telepon, situs web, dll.
b. Akses informasi yang
lebih baik
Membantu mengumpulkan, mengolah dan melaporkan informasi
kinerja untuk membantu
menjalankan organisasi dengan baik.
c. Manajemen
keuangan yang lebih baik
Perangkat lunak akuntansi dapat mencatat pendapatan dan
pengeluaran; serta membantu
menangani pajak. Hal ini sangat membantu terutama
bagi perusahaan raksasa yang akan
kesulitan melakukan pembukuan jika tidak ada
ada ICT terutama perangkat lunak akuntansi.
d. Komunikasi yang lebih
baik dengan masyarakat
Komputer dan internet dapat membantu untuk mengumpulkan,
mengelola dan
mempublikasikan informasi menggunanakan sarana telepon,web, dll.
e. Adminitrasi yang
lebih terkontrol
Mengelola informasi dapat dilakukan dengan menggunakan file
server. Adminitrasi yang lebih
baik juga dapat dilakukan dengan cara
menggunakan mail merge untuk menghemat waktu saat
mengirim
sejumlah dokumen serta antar pegawai bisa menghemat kertas, tinta printer,
dll
untuk mentransfer informasi.
Penerapan ICT dalam Perusahaan
Penerapan
ICT banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya
menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan komunikasi
menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice
Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat
lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan.
MANFAAT ICT
Perkembangan
di bidang ITC dari masa ke masa sangat pesat dan perannya dalam kehidupan
manusia dapat dirasakan dalam berbagai bidang kegiatan kehidupan manusia, baik
secara individu ataupun kelompok (organisasi atau perusahaan).
ITC dalam Industri dan Manufaktur
Dalam
bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru
melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar
produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki
ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil
dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual.
Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi.
Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil
dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).
Pada
tahap produksi, digunakan robot yang d¬kendalikan oleh komputer dengan program
Computer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan,
ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan disimulasikan dengan komputcr.
Dari
penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran ITC dalam bidang industri
dan manufaktur sangat besar, di antaranya adalah sebagai berikut :
a. Sebagai alat bantu
untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
b. Proses produksi dapat
dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko
fisik yang dapat dialami oleh manusia.
Mengambil Manfaat ICT untuk Pembangunan
Dua
kondisi akan membantu negara berkembang mengeksploitasi potensi TIK untuk
pertumbuhan sosial dan ekonomi. Yang pertama adalah ketersediaan infrastruktur
informasi nasional. Yang kedua adalah kemampuan untuk menciptakan dan mendorong
lingkungan yang mendukung. Ini artinya membangun aplikasi dan konten untuk
memanfaatkan inftrastruktur sesuai dengan kebutuhan lokal. Aplikasi ini
misalnya adalah aplikasi kebutuhan harian, aplikasi komunitas, aplikasi
pendidikan dan aplikasi produktif. TIK dapat memberikan manfaat ekonomi dan
sosial yang sangat besar kepada banyak pihak bila strategi TIK yang tepat
diimplementasikan. Pertimbangan utama dalam desain dan implementasi strategi
TIK mencakup memproduksi dan memanfaatkan TIK untuk kepentingan sosial dan
ekonomi, mengembangkan sumber daya manusia untuk dapat mengimplementasikan
strategi secara efektif, mengelola inovasi iptek di bidang TIK demi
pengembangan yang berkelanjutan, memperbaiki akses ke jaringan TIK,
mempromosikan dan mendanai investasi TIK, menciptakan dan mengakses pengetahuan
iptek, memonitor dan mempengaruhi aturan internasional.
Hubungan ITC dalam tata letak pabrik
perencanaan dan pengendalian produksi, pemodelan sistem, perancangan tata letak pabrik, dan ergonomi. Nantinya, kamu akan mampu merancang skema untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sebuah sistem integral industri dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. Sistem integral ini sendiri terdiri dari manusia, mesin, material, energi, dan informasi
KESIMPULAN
Layanan ICT sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik,
mulai dari pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan
kepariwisataan. Jaringan privat ini hadir di semua industri global, di mana
perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis
berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang cost-effective,
leluasa, aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para
penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang
masuk akal, perusahaan-perusahaan besar memiliki pilihan untuk mengembangkan
sendiri jaringan privat.Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan
produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing,
untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan disain
manufaktur. Perusahaan-perusahaan kecil lebih terbatas kemampuannya untuk
mengembangkan jejaring ICT sendiri ataupun untuk menyewa, karena besarnya
biaya. Ini menjadi pilihan yang ekonomik hanya jika organisasi tersebut cukup
besar untuk menimbulkan cukup trafik untuk menghasilkan penghematan. Oleh
karena ini, perusahaan-perusahaan global merupakan pihak-pihak yang pertama
yang mengadopsi ICT baru. Sektor-sektor yang sangat bergantung pada ICT
mencakup, antara lain perusahaan-perusahaan layanan finansial.
DAFTAR PUSTAKA
wiki.answers.com/Q/What_is_IC
0 komentar:
Posting Komentar